Potensi Pasar UMKM Halal Dalam Perekonomian Indonesia

Abstrak

Pasar UMKM halal diharapkan dapat membantu memperkuat perekonomian negara, seiring dengan mulai pulihnya pertumbuhan ekonomi dunia pasca epidemi. Adanya potensi yang dapat meningkatkan pertumbuhan pasar UMKM halal, diantaranya populasi muslim dunia yang cukup besar dan meningkatnya konsumsi produk halal dunia. Laporan Indonesia Halal Markets 2021-2022 menunjukkan populasi muslim dunia telah menghabiskan US$1,9 triliun untuk konsumsi produk halal pada tahun 2020.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis potensi pasar UMKM halal dalam perekonomian Indonesia. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder dari jurnal, buku dokumentasi, dan publikasi yang relevan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan potensi pasar yang besar di seluruh dunia, baik di negara-negara muslim maupun non-muslim, maka UMKM halal Indonesia dapat memberikan manfaat yang besar dan memperkuat perekonomian Indonesia. Hal ini didukung dengan promosi halal lifestyle yang bersifat universal sehingga dapat menyadarkan masyarakat dunia akan fungsi halal suatu produk yang dijamin oleh sertifikasi halal. Pemerintah Indonesia telah mengambil berbagai langkah untuk memperluas pasar UMKM halal Indonesia agar dapat bersaing secara global, yang dapat membantu perekonomian bangsa.

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v4i01.127
PDF (English)

Referensi

Azam, Md. S. E, & Abdullah, M. A. (2020). Global Halal Industry: Realities and Opportunities. International Journal of Islamic Business Ethics, 5(1), 47-59.

Badan Pusat Statistik. (2022). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.

CNBC Indonesia. (2021). Sederet Jurus Pemerintah Pulihkan UMKM di Masa Pandemi.https://www.cnbcindonesia.com/news/20210428163320-4-241590/sederet-jurus-pemerintah-pulihkan-umkm-di-masa-pandemi. (Diakses 15 Feb 2023).

Dinar Standard. (2021). Nilai Konsumsi Produk Halal Indonesia per Sektor Tahun 2020.

Fathoni, M. A., & Syahputri, T. H. (2020). Potret Industri Halal Indonesia: Peluang dan Tantangan. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 428-435.

Global Islamic Economy Report. (2021). Negara Konsumen Produk Halal Terbesar di Dunia Tahun 2020.

Hasanah, H. (2021). Industri Halal sebagai Sistem Pendukung Sustainable Development Goals di Era Society 5.0. Jurnal Ekonomi Syari’ah, 4(1), 43-59.

Indonesia Halal Markets. (2021). Pengeluaran Konsumen Muslim Global per Sektor Industri Halal Tahun 2020.

Islamic Economy Buletin Insight. (2021). UMKM Halal dan Ketahanan Ekonomi Indonesia (Ed ketigabelas). KNEKS.

Kamila, E. F. (2021). Peran Industri Halal dalam Mendongkrak Pertumbuhan Ekonomi Indonesia di Era New Normal. Jurnal Likuid, 1(1), 33-42.

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2020). Jumlah UMKM Indonesia Tahun 2019.

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2020). Kontribusi UMKM Pada PDB Nasional Tahun 2019.

Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. (2021). https://knks.go.id. (Diakses 14 Feb 2023).

Mastercard dan Crescent Rating. (2022). Populasi Muslim Dunia Tahun 2022.

Maulana, N., & Zulfahmi, Z. (2022). Potensi Pengembangan Industri Halal Indonesia di Tengah Persaingan Halal Global. Jurnal Iqtisaduna, 8(2), 136-150.

Neuman, W. L., & Djamba, Y.K. (2014). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. 7th ed. USA: Pearson.

Siregar, F. A., & Razali, K. (2022). UMKM Participation in Halal Industry: The Legal Framework and Opportunities. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 22(1), 127-138.

Undang-Undang No. 33 Tahun 2014. Jaminan Produk Halal.

Utari, D., Fasa, M. I., & Suharto, S. (2022). Industri Halal Berkontribusi terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Era Pandemi Covid-19: Peluang dan Tantangan. Jurnal Bina Bangsa Ekonomika, 15(1), 87-98.

The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC). (2022). 8 Negara dengan Populasi Muslim Terbanyak Tahun 2022.

Warta Ekonomi. (2019). 5 Jurus Majukan Industri Halal Indonesia Ala Bos BI. https://wartaekonomi.co.id/read256681/5-jurus-majukan-industri-halal-indonesia-ala-bos-bi. (Diakses 13 Feb 2023).

##submission.license.cc.by4.footer##