Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan manajemen pemasaran islam pada BPRS Carana Kiat Andalas terhadap loyalitas nasabah dan apakah bauran pemasaran BPRS Carana Kiat Andalas yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi dapat secara signifikan menigkatkan loyalitas nasabah. Objek penelitian ini adalah BPRS Carana Kiat Andalas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik kuesioner dengan jumlah sampel 100 nasabah. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji linier berganda, uji R2, uji F, dan uji T dengan produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4) , dan loyalitas nasabah (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan produk, harga, tempat, dan promosi secara bersamaan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah BPRS Carana Kiat Andalas. Dari hasil uji t disimpulkan bahwa variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, sedangkan produk, tempat dan promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah BPRS Carana Kiat Andalas. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan perhitungan parsial untuk thitung pada variabel produk (1,192), harga (1,745), tempat (-2,241), dan promosi (-1,609). Sedangkan hasuk koefisien determinasi R2 sebesar 0,053 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang ada di BPRS Carana Kiat Andalas adalah 5,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.
Referensi
Andri, S. (2009). Bank dan Lembaga Keunagan Syariah. Jakarta: Kencana.
Anoraga, P. (2009). Manajemen Bisni. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Anoraga, P. (2009). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka Cipt.
Antonio, M. S. (2012). Bank Syariah dari Teori ke Praktek, Cetaka Kesembilan. Yogyakarta: Gema Isnani.
Arianto, P. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta.
ascarya. (2013). akad dan produk bank syariah. jakarta : rajawali pers.
Fajar, L. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fitri Apriliani, S. K. (2014, Desember). Pengaruh Relationship terhadap Kepuasan dan loyalitas Nasabah. Jurnal Administrasi Bisnis, 17(1), 2.
Griffin, J. (2010). Customer Loyalty How To earn it, How To Keep it I. In R. Huriyati, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen (pp. 128-129). Bandung: Alfabeta.
Hasan, A. (2010). Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hekyal, N. H. (2010). Lemabaga Keuangan Islam Tinjauan dari Teoritis dan Praktis. Jakarta: Kencana Prenada Media Gruop.
Herman, K., & Muhammad, S. (2006). Syariah Marketing. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Hidayat, R. (2014). Efesiensi Perbankan Syariah Reori dan Praktik. Bekasi: Gramata.
Kasmir. (2011). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: Rajawali.
kasmir. (2014). bank dan lembaga keuangan lainnya. jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
M.Fuad, Christin H, & Nurlela. (2006). Pengantar Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Muhammad. (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Nuhaila, E. (2020, Desember 23). Biokgrafi BPRS Carana Kiat Andalas. (Penulis, Interviewer)
Philip Kotler, & Armstrong Gray. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran (12 ed.). Jakarta: Erlangga.
Poerwardamita. (2004). Kamus Umum Bahaa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Soemitra, A. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.
Soemitra, A. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.
Sofjan, A. (2011). Mnajemen Pemasaran: Dasar,Konsep, dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.
Sopia, E. M. (2013). Perilaku Konsumen. In Andi, Pendekata Praktis disertai Hinpunan Jurnal Penelitian (p. h.140). Yogyakarta: ANDI.
sumar'in. (2012). konsep kelembagaan bank syariah. yogyakarta: graha ilmu.
Sumarni, M. (2002). Manjemen Pemasaran Bank. Yogyakarta: Liberty Yogyakarta.
Sunyoto, D. (2012). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Symiarto, W. (2002). Asas-asas Perbankan Islam dan Lembaga-lembaga Terkait (BAMUI & Takaful), di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Undang-undang Ekonomi Syariah . (2009). Bandung: Fokus Media.
Veithzal Rivai, d. (2013). Commerical Bank Manajemen, Manajemen Perbankan Dari Terori Ke Praktik. Jakarta: Rajawali Pers.
Warkup, S. (2002). Asas-asas Perbankan Islam dan Lembaga-lembaga Terkait (BMUI &Taraf) di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo