Determinant Customer Bonding Produk Eiger Pada Pengguna Shopee
PDF

How to Cite

Selamat Muliadi, Ndaru Arthawati, S., Gustiawan, W., Arfaizar, J., & Yusdani, Y. (2024). Determinant Customer Bonding Produk Eiger Pada Pengguna Shopee . El-Kahfi | Journal of Islamic Economics, 5(01), 112-123. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i01.240

Abstract

Tujuan riset ini ialah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi customer bonding produk Eiger pada pengguna aplikasi Shopee. Faktor tersebut terdiri dari experiential markerting dan brand image. Riset ini menerapkan teknik kuantitatif dengan dianalisis menggunakan IBM SPSS versi 22. Pengambilan sampel menerapkan metode purposive sampling dan jumlah sampel riset ini sebanyak 48 responden yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada para pengguna Shopee di Lombok Timur secara online melalui WhatsApp. Data dianalisis melalui beberapa tahap pengujian, yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda serta uji koefisien determinasi. Hasil riset ini menunjukkan bahwa experiential marketing dan brand image berpengaruh signifikan terhadap customer bonding produk Eiger pada pengguna aplikasi Shopee. Customer bonding dipengaruhi oleh aspek experiential marketing dan brand image loyalty sebesar 0,757 (75,7%). Sisanya diterangkan oleh variabel lain yang tidak dikaji pada riset ini. Hasil riset ini dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pihak manajemen perusahaan untuk harus tetap menjaga dan mempertahankan program customer bonding (mengikat pelanggan) yang sudah terbentuk. Selain itu, hasil riset ini dapat menjadi sumber evaluasi untuk pelanggan untuk mendapatkan informasi dan memahami lebih lanjut tentang produk Eiger dan produk fashion lainnya, sehingga pelanggan dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan dari produk fashion yang akan mereka beli.

https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i01.240
PDF

References

Abubakar, A. H., & Sugito, P. (2019). Mediation Function Brand Loyalty on the Effects of Brand Image and Price to Customer Satisfaction. Inovasi, 15(2), 159–170. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI
Adabi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Indihome Di Witel Telkom Depok. Jurnal Manajemen, 12(1), 32–39. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN
Andrian. (2019). Digital Marketing dan Ragam Produk pada Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Angkatan 2016). Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3(1), 14–24. https://doi.org/10.25139/ekt.v3i1.1430
Candra, B. F., & Suparna, G. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Niat Beli. Jurnal Manajemen, 8(11), 6638– 6657. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJMUNUD.2019.v08.i11.p13
Diani, S., Febianti, Y. N., & Tiharita, R. (2022). Determinan Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Konsumen Belanja Online Di Desa Setupatok Kecamatan Mundu Cirebon). EKUITAS, 10(1), 49–55.
Fahmi, M. R. Z., WInarto, & Herman. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Produk Fashion Local Brand Erigo Dalam Memutuskan Pembelian Online melalui E-commerce Shopee. JAB: Journal of Accounting and Business, 2(1), 64–71.
Febriyanti, R. S., & Anik, W. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen2, 5(5), 1–18.
Firdaus, & Budiman. (2021). The Impact of Brand Image, Price, and Variety Seeking on Brand Switching Behavior. Journal of Advanced Multidisciplinary Research, 2(2), 78–89. https://doi.org/10.30659/jamr.2.2.78-89
Hendayana, Y., & Solichati, U. (2021). Pengaruh Experiental Marketing dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pengguna Marketplace Shopee Di Kota Bekas. Manajerial, 20(2), 233–241.
Kusumawati, A. (2011). Analisis Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada Hipermart Malang Town Square (MATOS). Jurnal Manajemen Pemasaran Modern, 3(1), 75–86.
Lengkong, A. P., Pio, R. J., & Mangindaan, J. V. (2021). Pengaruh Brand Awareness dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Konsumen Pakaian H.A.R.V Official di Manado. JAB: Jurnal Administrasi Bisnis, 11(2), 61–68.
Lukiyana, & Silitonga, A. F. (2017). Pengaruh Persepsi Harga Dan Persepsi Merek Terhadap Keinginan Pembelian Ulang Produk Dengan Persepsi Nilai Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Oriflame Di Jakarta. Jurnal Online Internasional dan Nasional, 20(1), 74–90.
Mahendra, H. A. I., & Putri, K. A. S. (2022). Peran Endorser Selebriti, Citra Merek dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Erigo. Journal of Business and Applied Management, 15(1), 19–34.
Maulana, S. M., Susilo, H., & Riyadi. (2015). Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online Pada Toko Pastbrik Kota Malang. JAB: Jurnal Administrasi, 29(1), 1–9.
Muliadi, S. (2021). SAS APP: Mewujudkan UMKM Berbasis Digital Dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pringgasela Lombok Timur. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(4), 1877–1885.
Nurhaliza, & Rakhmawati, S. (2022). Determinan Keputusan Pembelian Konsumen Pada Marketplace Shopee. JUKIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(03), 10–19. https://journal.admi.or.id/index.php/JUKIM/article/view/100
Prasetyo, E. B., Zen, F., & Sopiah. (2020). The Effect of Discount Price on Purchasing Intentions Through Consumer’s Perceived Risk in the Flash Sale Program at Shopee. Advances in Economics, Business and Management Research, 124, 633–643.
Pratama, A., & Azizah, N. (2022). Pengaruh E-WOM, Product Quality, dan Price Terhadap Brand Image Melalui Perceived Value. Performa: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 19(01), 113–123.
Saleh, J. M., Bintari, W. C., & Ali, M. (2021). Pengaruh Experiental Marketing dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Eiger Store Sorong. Jurnal Ekonomi Efektif, 4(1), 8–15.
Sari, D. P., & Nuvriasari, A. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Eiger (Kajian Pada Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta). JPEB: Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 73–83.
Ufairy, M. M., & Farida, L. (2022). Pengaruh Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Tokopedia. Manajemen, 12(1), 33–44.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.