Tren dan Efektivitas Penggunaan Virtual Reality dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Digital
Abstract
Perkembangan teknologi digital di era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 mendorong transformasi pendidikan Islam di Indonesia. Kesenjangan antara karakter peserta didik digital native dan metode konvensional menuntut inovasi pembelajaran. Teknologi Virtual Reality (VR) menjadi solusi interaktif dan imersif untuk menghadirkan pengalaman belajar PAI yang kontekstual serta bermakna secara spiritual. Penelitian ini bertujuan mensintesis tren, efektivitas, dan inovasi penggunaan VR dalam pembelajaran PAI di Indonesia periode 2020–2025 melalui metode penelitian kepustakaan dengan analisis isi dan sintesis tematik terhadap sepuluh artikel dari Google Scholar, Sinta, dan DOAJ. Hasil Analisis menunjukkan peningkatan signifikan riset VR sejak 2022 dengan dominasi pendekatan Research and Development (R&D) dan eksperimen kuantitatif sederhana. Secara umum, VR terbukti efektif meningkatkan hasil belajar, pemahaman konseptual, serta motivasi spiritual peserta didik melalui pengalaman belajar yang imersif. Inovasi media VR mencakup simulasi ibadah haji (SIMUJI), pengenalan rumah ibadah, dan pembelajaran sejarah Islam. Namun, tantangan masih terdapat pada kesiapan guru, keterbatasan infrastruktur, dan etika penggunaan teknologi digital. Hasil Penelitian ini menegaskan pentingnya integrasi VR dengan nilai-nilai keislaman melalui model Value-Based Immersive Learning yang tidak hanya berorientasi pada teknologi, tetapi juga pada pembentukan kesadaran religius dan spiritual peserta didik.
References
Aeni, A. N., Hidayat, A., Naofalia, S., Pratiwi, K. I., & Anggita, D. D. (2025). Development of VR Apps with Kodular & Sketchfab: SIMUJI Hajj Pillars Simulation in Elementary School.
Baroroh, R. N., Zulfitria, Z., & Rohmah, A. J. (2023). Inovasi Virtual Reality (VR) sebagai media yang efektif pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2). https://doi.org/10.52434/jpai.v3i2.4127
Hakim, A. R., & Syawaludin, C. (2025). Pemanfaatan Teknologi Virtual Reality dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah.
Khotimah, H., Fitriyah, N., & Hidayati, S. (2024). Implementasi Media Virtual Reality dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Islam.
Kolb, D. A. (1984). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. Prentice Hall.
Latifah, I. U. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).
Piaget, J. (1972). The psychology of the child. Basic Books.
Readi, A. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Teknologi Virtual Reality (VR) dalam Pembelajaran Pendidikan Islam. Benchmarking: Journal of Islamic Education Management, 7(2). https://doi.org/10.30821/benchmarking.v7i2.24269
Rizqi, M. M. (2024). Penggunaan Media Virtual Reality dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Rohmah, A. N. B., Romadhona, E. P., Putri, L. A., Arifin, Z., & Sari, V. K. (2023). Pembelajaran Pendidikan Islam melalui Virtual Reality (VR). Raudhah: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7(2). https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.450
Ruzakki, H., Nashrullah, N., Junaedi, D., Khoiriyah, S., & Asror, M. (2024). Trends in the use of augmented reality and virtual reality technology in learning Islamic religious education in Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1). https://doi.org/10.30868/ei.v13i01.4888
Utami, N. M., Miranda, D., Perdina, S., & Lukmanulhakim, L. (2024). Pembelajaran Immersive Virtual Reality sebagai stimulasi pengenalan rumah ibadah agama Islam bagi anak usia dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 404–417. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.568

